Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui

Ginjal merupakan dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Tapi apakah anda tau mengenai fungsi ginjal? Nah pada kesempatan kali ini Blog Kesehatan Bersama akan berbagi informasi mengenai Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui, yang semoga saja informasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memahami fungsi ginjal.

Berikut Beberapa Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui :


1. Menyaring darah. Semua darah dalam tubuh melewati ginjal beberapa kali sehari. Ketika ginjal menyaring darah, urine akan tercipta dari zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Urine tersebut kemudian dialirkan melalui ureter untuk kemudian dibawa ke kandung kemih dan dibuang sebagai air seni.

2. Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, serta memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Ginjal bereaksi terhadap perubahan level air dalam tubuh sepanjang hari. Ini karena ginjal adalah kunci dalam pemecahan kimia urine. Ketika asupan air dalam tubuh berkurang, fungsi ginjal ini akan menyesuaikan diri dengan berinisiatif menyimpan air yang tersisa dalam tubuh, bukan membuangnya.

3. Menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah mengandung nitrogen yang diproduksi saat metabolisme sel selesai). Urea yang terbentuk dalam hati diangkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Tanpa ginjal, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah.

4. Mengatur sel darah merah. Ketika ginjal tidak mendapatkan cukup oksigen, ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin, yaitu hormon yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah pembawa oksigen.

5. Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah. Caranya, dengan memproduksi enzim renin. Ginjal memerlukan tekanan yang stabil atau konstan untuk dapat menyaring darah.

6. Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah dan cairan tubuh. Fungsi ginjal yang satu ini diperlukan agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Asam dalam tubuh dapat meningkat atau bahkan dinetralisir karena makanan yang kita konsumsi.

7. Menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan untuk keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

8. Menjaga konsentrasi mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor dalam darah.

sumber : http://www.alodokter.com/jangan-sepelekan-fungsi-ginjal-dalam-tubuh

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting sekali, jika ginjal kita mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur. Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Maka dari itu, kita harus selalu menjaga ginjal agar ginjal kita dapat terus bekerja sesuai dengan fungsinya. Semoga saja informasi mengenai Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya :

Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment