Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan

Saat malam hari, mengonsumsi mie instan bisa dirasa jadi solusi terbaik yang paling praktis jika kita sedang merasakan lapar. tapi apakah anda tau akan Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Bahaya Mie Instan yang perlu untuk anda ketahui.

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan

Mie instan kerap disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Pada Mie Instan sebanyak 70 gram atau satu kemasan mengandung 370 kalori. Yang juga perlu diperhatikan, umumnya penyajian mie instan dibarengi dengan telur dan bahan-bahan lain, seperti sosis, kornet, atau keju yang tentunya menambah kandungan kalori. Kemudian, ada lagi kebiasaan khas masyarakat di Indonesia, yang mencampurkan mie instan dengan nasi, sehingga kalorinya yang dikonsumsi menjadi berlipat.

Padahal dalam satu hari yang terdiri dari tiga kali waktu makan dan camilan di antaranya, kebutuhan kalori wanita dewasa hanya sekitar 1.800-2.000 dan pria dewasa sekitar 2.200-2.400.

Selain memiliki jumlah kalori yang besar, mie instan yang biasa disajikan dengan kaldu instan umumnya memiliki kandungan sodium atau garam yang tinggi. Salah satu mie instan yang banyak dikenal di masyarakat Indonesia tercatat mengandung sodium 1.080 mg atau sekitar 45% dari kebutuhan keseluruhan sehari, dalam setiap kemasan seberat 91 gram.

Padahal kelebihan asupan sodium, termasuk sebagai asupan dari mie instan, memiliki risiko membahayakan tubuh. Salah satunya dapat memperberat kerja ginjal. Selain itu, sodium yang menumpuk dalam tubuh diperkirakan juga dapat memicu tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung.

Penggunaan MSG (monosodium glutamate) yang berfungsi meningkatkan rasa mie instan menjadi lebih asin, manis, atau asam juga memiliki risiko kesehatan. MSG dapat memicu reaksi alergi dengan gejala rasa sakit pada dada, berkeringat, jantung berdebar, dan sakit kepala.

Kandungan sodium yang tinggi dan MSG dari mie instan disarankan untuk dihindari oleh penderita hipertensi, pengguna obat diuretik, dan pengguna beberapa jenis obat anti-depressan serta penderita gagal jantung kongestif. Mie instan diduga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membahas bahaya mie instan adalah kemasannya. Ada mie instan yang dikemas dengan bahan yang menggunakan styrofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA). BPA dapat mengganggu cara hormon bekerja, terutama estrogen.

Itulah informasi mengenai Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini anda dapat menambah wawasan anda sehingga anda dapat menghindari akan Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan.

Artikel Kesehatan Lainnya :

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Kesehatan"

Post a Comment