Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia

Anda sedang mencari Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia yang sudah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tinggi hingga ke batas normal ? Kini anda telah berada pada situs yang tepat. Karena dalam artikel kali ini akan dibahas informasi mengenai Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi secara alami yang mana dapat membantu menurunkan dan menormalkan kadar gula darah secara alami serta efektif dan aman tanpa menyebabkan efek samping.

Munkin anda merasa penasaran dengan berbagai cara alami yang dapat menurunkan kadar gula darah tersebut. Sebelum kita membahas informasi mengenai hal tersebut, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita membahas informasi mengenai Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia.

Gula Darah Tinggi
Gula darah tinggi atau yang dalam bahasa medisnya disebut dengan hiperkoagulasi adalah suatu kondisi ketika kadar glukosa di dalam tubuh anda berada di atas batas normal. Kadar gula darah Anda dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL.  Kondisi ini sangat berbahaya jika terjadi secara terus menerus, dan umumnya memang dialami oleh mereka yang menderita penyakit diabetes.

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia


Bagi penderita diabetes, lupa mengkonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikan insulin merupakan beberapa penyebab naiknya kadar gula darah. Selain itu, kurang berolah raga, stress, terjadi infeksi, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat atau melakukan aktifitas fisik yang terlalu berat disaat tingkat insulin rendah juga dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Walaupun kadar gula darah tinggi merupakan suatu hal yang wajar pada penderita diabetes, akan tetapi jangan pernah anda menganggap sepele kondisi ini. Karena apabila kadar gula darah anda tinggi dan tidak ada penanganan atau pengobatan apapun, ada kemungkinan kondisi tersebut dapat mengarah pada kondisi yang bisa mengancam jiwa penderitanya, yatu ketoasidosis diabetik (kondisi dimana tubuh tidak dapat mengolah gula darah)

Walaupun kondisi ini umumnya dialami oleh mereka yang menderita penyakit diabetes, bukan berarti orang yang tidak memiliki penyakit diabetes akan terhindar dari kondisi ini. Semua orang memiliki risiko gula darahnya menjadi tinggi. Di luar penderita diabetes, kondisi ini dapat terjadi pada mereka yang mengalami serangan jantung, menderita infeksi yang cukup parah, atau stroke.

Hati-hati Jika Anda Mengalami Beberapa Gejala Ini
Mungkin pada sebagian orang, meningkatnya kadar gula darah tidak menimbulkan berbagai gejala apapun. Akan tetapi, sangat penting untuk anda mengetahui berbagai tanda adanya kondisi gula darah tinggi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gula darah tinggi terjadi secara tiba-tiba :
  • Berat badan mengalami penurunan tanpa adanya sebab yang jelas, akan tetapi nafsu makan menjadi bertambah
  • Mulut terasa kering serta sering merasa haus
  • Keinginan untuk selalu buang air kecil, terutama pada waktu malam hari
  • Kulit menjadi terasa kering dan gatal-gatal.
  • Mudah lelah dan merasa selalu mengantuk
  • Penglihatan yang menjadi kabur atau buram.
Ada kemungkinan kondisi tersebut akan menjadi lebih buruk lagi apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi dan juga disertai dengan dehidrasi. Akibatnya penderita dapat menjadi linglung, pusing ketika berdiri, menjadi semakin mudah mengantuk, mengalami kesulitan saat bernapas, hingga tidak sadarkan diri.

Bahaya Gula Darah Tinggi Bagi Jantung
Selain dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit diabetes, kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan penderitanya lebih rentan terserang penyakit jantung.

Dilansir dari situs health.kompas.com bahwa Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkam risiko komplikasi serangan jantung, begitu menurut penelitian terbaru dari University of Leicester di Inggris.

Para peneliti menemukan, tingginya glukosa di dalam darah menyebabkan terjadinya kontraksi pembuluh darah yang lebih kuat, sekaligus  mengidentifikasi protein berhubungan dengan peningkatan kontraksi.

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung tersumbat. Kadar gula darah tinggi saat serangan terjadi akan menyebabkan penyumbatan ini semakin parah, membuat arteri berkontraksi lebih kencang, sehingga terjadi peningkatan risiko komplikasi.

"Penelitian kami telah menunjukkan bahwa kadar gula darah dapat mengubah kebiasaan pembuluh darah menjadi abnormal. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau mengurangi jumlah darah yang dialirkan ke organ- organ penting tubuh," kata Richard Rainbow, dosen bidang fisiologi sel kardiovaskular.

sumber : http://health.kompas.com/read/2016/01/11/073500823/Gula.Darah.Tinggi.Tingkatkan.Komplikasi.Serangan.Jantung

Maka dari itu, pengobatan sedari dini memang sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi berbahaya yang diakibatkan karena kadar gula dalam darah yang tinggi.

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia

Menjaga kadar gula darah agar dalam angka normal sangat penting. Gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemia) dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh Anda. Anda dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL.

Berikut Beberapa Langkah yang dapat anda lakukan untuk membantu mengontrol kadar gula darah agar berada pad abatas normal :

Olahraga rutin. Degnan rutin berolah raga setidaknya 2,5 jam dalam seminggu secara teratur dapat membantu anda menstabilkan kadar gula darah anda. Akan tetapi perlu di ingat, jangan pernah anda terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik, karena hal tersebut dapat menyebabkan hipoglikemia.

Perhatikan asupan. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat akan tetapi perlu untuk membatasi porsinya. Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa anda pilih diantaranya yaitu ubi, pasta dari biji-bijian utuh, dan nasi merah. Makanan lain yang bagus untuk Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan seperti almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam, dan kayu manis.

Hindari stres. Jika Anda mengalami stres segera atasi karena kondisi ini bisa membuat kadar gula darah Anda dapat meningkat dengan sangat.

Makan tepat waktu. Jangan melewatkan waktu makan Anda, terutama sarapan. Jika hal ini terjadi, rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya Anda akan makan secara berlebihan, kemudian naiklah gula darah Anda. Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di sela-sela jam makan bisa membantu gula darah tetap normal.

Itulah beberapa Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia. Mudah-mudahan informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menurunkan dan menormalkan gula darah dalam tubuh anda.

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi atau Hiperglikemia"

Post a Comment