Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
 Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan,- Buah mengkudu atau yang juga lazim dikenal dengan nama buah pace dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Menyadari manfaat buah mengkudu bagi kesehatan,  beberapa produsen bahkan memproduksi ekstrak buah mengkudu secara modern dalam bentuk minuman kesehatan.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini mungkin sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, Negara-negara maju dan berkembang baru menemukannya beberapa tahun ke belakang karena berbagai penelitian dan fakta yang telah dibuktikan sendiri oleh mereka.

Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang ini banyak sekali industri kimia dan kesehatan yang bergerak meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan memproduksi obat-obatan atau minuman herbal yang berasal dari buah mengkudu.

Karena manfaat buah mengkudu juga sangat terbukti khasiatnya, maka banyak pula orang yang berbondong-bondong membeli produk kesehatan dengan sari buah tersebut untuk bisa mencegah berbagai penyakit atau bahkan mengobati penyakit yang sudah menahun diidapnya.

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat buah mengkudu bagi kesehatan,ada baiknya jika kita juga mengetahui detail fisik dan karakteristik dari buah berkhasiat tersebut sehingga kita juga bisa memilih akan membeli produk kesehatan dari pabrik atau membuat obat-obatan tradisional dengan cara kita sendiri.

Karakteristik Buah Mengkudu
Pohon mengkudu dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Tinggi pohon berkisar 5 meter. Memiliki akar tunggang yang jauh menancap dalam tanah.

Ukuran daun mengkudu besar. Berwarna hijau mengkilap. Tepi daun rata. Membulat dengan ujung runcing pendek. Daunnya dapat dimakan, bahkan di Aceh dijadikan sebagai makanan khas buka puasa.

Buah mengkudu memiliki bentuk yang khas. Bulat melonjong dengan permukaan berbintik dan kasar. Bau buah mengkudu sangat khas, tajam menusuk. Tapi banyak orang yang tidak hirau. Itu karena mereka menyadari manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini bisa didapatkan dengan cepat dan mudah asalkan kita mau mengolahnya sendiri di rumah sehingga khasiatnya lebih terasa, biaya yang dikeluarkan pun tidak banyak jika dibandingkan dengan apabila kita membeli produk herbal buah mengkudu di took-toko kesehatan atau took obat herbal.

Bau buah mengkudu memang sangat tidak enak untuk dicium. Akan tetapi, demi kesembuhan dan terhindarnya tubuh dari berbagai penyakit, banyak orang yang rela meminum jus buah mengkudu untuk tetap hidup sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini akan dibahas selanjutnya satu persatu sehingga Anda juga bisa yakin akan khasiat buah ajaib tersebut.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Buah bernama latin Morinda citrifolia ini bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu disebabkan oleh adanya kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus.

Pengaktifan kedua kelenjar ini menyebabkan peningkatan reaksi tubuh terhadap ancaman infeksi dan masalah yang berhubungan dengan fungsi kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, jangan heran apabila Anda melihat seseorang yang sudah tua namun aktif meminum  atau mengonsumsi buah mengkudu tetap terlihat sehat dan bugar di usianya tersebut.

Daya tahan tubuh yang baik menjadikan seseorang akan terhindar dari berbagai virus dan bakteri sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, bahkan penyakit mematikan pun akan dilawan apabila tubuh memiliki kekebalan yang baik.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kita bisa meminum jus buah mengkudu satu kali dalam seminggu. Buatlah jus buah mengkudu dengan campuran gula aren agar rasa pahit dan baunya yang tajam tidak terlalu mengganggu indera perasa kita.

2. Menormalkan Tekanan Darah
Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena zat fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. Akibatnya pelebaran tersebut, jantung tidak bekerja keras memompa darah. Akibatnya tekanan darah menjadi normal.

Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi dan sering merasakan pusing akibat tekanan darah tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang Anda tidak perlu lagi memakan obat anti sakit kepala kimia yang berpotensi memperparah tekanan darah tinggi Anda.

Cukup dengan mengonsumsi jus buah mengkudu dua kali dalam seminggu, maka Anda akan merasakan manfaat buah mengkudu ini dalam menstabilkan tekanan darah Anda. Jika tekanan darah Anda sudah normal, maka konsumsilah jus buah mengkudu satu kali dalam seminggu untuk tetap menjaga daya tahan tubuh Anda.

3. Mengobati Tumor dan Kanker
Zat aktif dalam mengkudu dapat berfungsi menghambat aliran darah menuju sel kanker dan tumor. Karena suplai darah terhambat, maka sel-sel kanker dan tumor dapat dimatikan.

Untuk mengobati penyakit mematikan tumor dan kanker, Anda bisa mengonsumsinya lebih sering sesuai dengan kapasitas Anda. Bisa sehari sekali atau dua kali sehari. 

Sama seperti obat tradisional lainnya, khasiat dan manfaat buah mengkudu ini mungkin tidak akan langsung terasa bagi para pengidap penyakit tumor dan kanker. Namun, dengan kesabaran dan keihklasan dalam meminumnya, maka lambat laun Anda akan mendapatkan manfaat dari buah tersebut.

4. Menghilangkan Rasa Sakit
Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sejak dahulu dipercaya bangsa Polinesia, tempat asal mula tanaman ini. Mereka bahkan memberi julukan pada mengkudu sebagai Hawai Magic Plant karena ampuh menghilangkan segala rasa sakit.

Jika sebelumnya Anda selalu menyediakan obat penghilang rasa sakit di dalam kotak P3K Anda, maka sudah saatnya Anda membuang jauh-jauh obat-obatan kimia yang mampu membuat Anda ketagihan itu. 

Gunakanlah manfaat buah mengkudu untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda derita. Selain rasa sakit hilang, Anda juga tidak perlu khawatir jika suatu saat rasa sakit itu datang kembali karena buah mengkudu bekerja secara efektif menghilangkan rasa sakit tanpa meninggalkan jejak candu di dalamnya.

5. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Konsumsi buah mengkudu juga dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung dapat diobati dengan mengonsumsi buah mengkudu.

Jika selama ini Anda bergantung pada minuman kimia yang berfungsi melancarkan pencernaan, tinggalkan obat-obatan itu sekarang juga! Dan beralihlah ke buah mengkudu yang memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Tidak aka nada lagi kesulitan buanga air besar, diare, perut kembung dan muntah akibat penyakit lambung karena manfaat buah mengkudu dalam memperbaiki sistem pencernaan ini mampu mengalahkan berbagai obat kimia.

6. Berkhasiat Anti Bakteri
Kandungan beberapa unsur zat antraquinon dalam mengkudu terbukti bersifat anti bakteri. Karena itu buah mengkudu dapat mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan infeksi bakteri seperti pilek, demam dan beberapa jenis penyakit kulit. 

Kandungan antibakteri yang terdapat dalam buah mengkudu ini sama halnya dengan sistem imunisasi yang biasa kita dapatkan di dokter atau bidan sehingga tidak perlu mendapatkan suntikan imunisasi, Anda sudah bisa melenggang dengan lega tanpa khawatir ada bakteri yang masuk seenaknya ke dalam tubuh Anda.

7. Mengobati Penyakit Defisiensi Vitamin C
Buah Mengkudu memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Karena itu dapat digunakan untuk penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, gusi berdarah, dan lain-lain. 

Vitamin C tersebut juga penting untuk membantu menangkal radikal bebas dan merupakan salah satu zat antioksidan yang ampuh.

Melihat manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang sangat banyak, tentu Anda tertarik untuk mencoba mengkonsumsi buah ini. Salah satu caranya adalah dengan membuat jus mengkudu. Sayangnya, bau yang sangat menyengat membuat orang tidak tertarik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah mengkudu dengan cara yang sudah disebutkan di atas, yakni dijus dan ditambahkan gula aren agar rasa dan baunya tidak terlalu menyengat.

Namun, jika hal tersebut masih membuat indera perasa dan indera penciuman Anda terganggu, Anda juga dapat mengonsumsi buah mengkudu dalam bentuk minuman kesehatan atau yang telah dikemas dalam bentuk kapsul.

Sekarang ini banyak terdapat toko obat herbal yang menyajikan aneka obat yang berasal dari buah mengkudu sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengambil buah di pohonnya dan mengolahnya agar tidak baud an tidak berasa terlalu pahit.

Namun, Anda juga harus hati-hati dalam memilih produk kesehatan. Pilihlah produk kesehatan yang sudah dipercaya mampu menghasilkan manfaat tanpa adanya campuran bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Dengan berhati-hati, kita juga akan terhindar dari masalah keracunan. Jangan sampai kita salah dalam memilih produk. Bisa-bisa, bukan manfaat buah mengkudu yang kita dapatkan, tapi malah keracunan zat kimia tertentu yang kita telan. Selamat hidup sehat!

Sumber : http://www.anneahira.com/manfaat-buah-mengkudu-bagi-kesehatan.htm

Terimakasih atas minat anda untuk berkunjung ke blog kami yang sederhana ini. ( Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan )

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan"

Post a Comment