Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui

Pada pagi kali ini saya akan berbagi informasi seputar Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui untuk menghindari timbulnya beragam penyakit pada diri anda.


Ciuman pada bibir dengan orang yang disayangi memang dapat mendatangkan banyak manfaat yang bagus bagi pisikologis dan kesehatan. Namun jiga anda berciuman bibir dengan orang yang sedang terinfeksi suatu penyakit dapat membuat anda tertular penyakit yang sama.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa pasangan yang sering berciuman ternyata memiliki tipe bakteri yang sama terkandung di dalam air liurnya. Hasil ini membuktikan bahwa saat berciuman, terjadilah saling transfer bakteri antara kedua orang. Bakteri dan virus dalam darah dan air liur penyebab suatu penyakit dapat menular ke pasangan saat berciuman.

Berikut Beberapa Penyakit Yang Dapat Ditularkan Melalui Ciuman Bibir :

Gigi Berlubang
Ciuman bibir dapat mengakibatkan anda tertular bakteri Streptococcus mutans karena  diduga ditularkan melalui air liur yang terinfeksi dan terpapar. Bakteri ini dapat menyebabkan gigi anda berlubang.

Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau Pilek
Pilek dapat tertular melalui kontak langsung dengan virus lewat udara atau dalam cairan seperti dahak atau ingus orang yang terinfeksi. Berciuman membuat orang terpapar virus ini dengan mudah.

Cacar air
Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Meski umumnya terjadi pada anak, tapi kondisi ini juga dapat menjadi lebih buruk jika menyerang orang dewasa, terutama yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini diawali dengan demam, kemudian muncul ruam seperti lepuh yang gatal di seluruh tubuh. Namun cacar air paling menular saat belum muncul ruam. Virus ini dapat tersebar melalui kontak langsung, seperti berciuman atau dari aliran udara yang dihirup. ( Baca Juga : Obat Cacar Air )

Hepatitis B
Selain pada darah dan air mani, virus hepatitis B juga terdapat pada air liur. Saat berciuman, virus ini dapat menular jika air liur yang terinfeksi mengenai selaput lendir (mukosa) atau pembuluh darah orang lain. Selaput lendir ini melapisi berbagai rongga tubuh termasuk mulut dan hidung. Selain itu, hepatitis B akan lebih mudah menular jika saat berciuman, pasangan mengalami luka terbuka pada mulut atau di sekitar mulut, atau jika salah satu pasangan mengenakan kawat gigi. ( Baca Juga : Obat Herbal Hepatitis B )

Infeksi herpes
Herpes genital muncul karena infeksi herpes simplex virus (HSV) yang umumnya dikenal dalam dua jenis, yaitu tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2 (HSV-2). HSV 1 inilah yang umumnya dapat ditularkan dari mulut ke mulut sehingga menyebabkan herpes oral, yaitu infeksi pada mulut dan bibir. Virus herpes simpleks penyebab infeksi ini dapat tersebar jika seseorang berciuman dengan pengidap, terutama jika terdapat luka melepuh pada pengidapnya, bahkan jika luka itu telah sembuh.

Penyakit serius akibat ciuman bibir seperti di atas sebenarnya sangat jarang terjadi. Kondisi-kondisi di atas umumnya tidak terjadi pada ciuman intim pertama atau yang dilakukan sesekali. Ciuman bibir yang dilakukan hingga jauh ke dalam rongga mulut adalah yang paling berisiko menularkan bakteri.

Itulah informasi seputar Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengurangi risiko penularan penyakit.

Artikel Kesehatan Lainnya :

Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bahaya Ciuman Bibir Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment